Penyebab Tidak menjaga Kesehatan Gigi












1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang atau karies ditandai melalui gigi yang rusak membentuk lubang kecil yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Apabila tidak segera ditangani, maka lubang gigi akan semakin besar sehingga infeksi mencapai saraf gigi dan menyebabkan gigi menjadi mati.

2. Karang Gigi

Karang gigi muncul karena adanya deposit plak atau sisa makanan yang mengandung mikroorganisme.

3. Peradangan Gusi

Penumpukan plak rupanya dapat menyebabkan gusi mengalami peradangan. Bahkan, plak yang terbentuk dari kumpulan bakteri tersebut bisa masuk ke peredaran darah dan menimbulkan penyakit seperti sinusitis.

4. Bau Mulut dan Sariawan

Luka yang tidak diperbaiki pada area gigi berpotensi menimbulkan pendarahan hingga infeksi. Infeksi inilah yang menjadi penyebab bau mulut. Sementara sariawan umumnya akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh.

5. Penyakit Berbahaya

Gejala sariawan disertai pendarahan yang tak kunjung sembuh juga menunjukkan tanda dari penyakit kanker rongga mulut. Siapa sangka kebiasaan jarang gosok gigi ternyata membawa dampak buruk antara lain infeksi jantung (endokarditis) dan kesehatan janin yang dilihat dari kebersihan gigi ibu.

Pencegahan

Upaya menjaga kesehatan gigi yang paling sederhana adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat. Selain itu, dr Agung berharap peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut dengan sikat gigi tiga kali sehari, flossing gigi, menggunakan obat kumur, serta memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini