Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut














Menurut Setyaningsih, (2019), Kesehatan gigi merupakan salah satu aspek dari seluruh Kesehatan yang merupakan hasil dari interaksi antara kondisi fisik, mental dan sosial. Gigi dan mulut harus selalu kita pelihara supaya gigi tetap bersih dan sehat. Memelihara Kesehatan gigi dan mulut itu tidaklah sulit, Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut adalah memelihara kebersihan gigi dan mulut dari sisa makanan dan kotoran lain didalam mulut, dengan tujuan agar gigi tetap sehat (Setyaningdih, 2019).

1.        Menyikat Gigi

Menurut Setyaningsih, (2019), menyikat gigi harus harus selalu kita lakukan setiap hari, supaya gigi kita bersih dan tidak bau. Menyikat gigi adalah bersihkan seluruh permukaan gigi dari sisa-sisa makanan dengan menggunakan bantuan sikat gigi dan pasta gigi.

2.       Waktu Menyikat Gigi

Menurut Setyaningsih, (2019), dianjurkan menyikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur. Dianjurkan menyikat gigi sesudah sarapan padi ini dimaksudkan supaya kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga dengan baik. Sesudah makan gigi akan menjadi kotor karena adanya sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi, oleh karena itu melakukan sikat gigi yang benar adalah sesudah  sarapan pagi. Orang tidur berarti berhenti/istirahat dari segala macam aktivitas. Saat kita tidur bakteri di dalam rongga mulut akan bergerak dengan bebas dan aktif untuk merusak gigi dan mulut.

3.  Peralatan Menyikat Gigi

a. Sikat Gigi

1.  Sikat gigi yang baik bulunya rapi, sehingga saat kita menyikat gigi, kotoran-kotoran yang berada di dalam mulut akan mudah terangkat oleh bulu sikat.

2. Bulu sikat gigi tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak. jika sikat gigi terlalu keras dapat melukai gusi, sebaliknya jika bulu sikat lebih lunak akan susah mengangkat kotoran-kotoran yang berada di dalam rongga mulut.

3.  Tangkai sikat gigi harus lurus, tidak berkelok-kelok.

4. Sikat gigi yang rusak bulunya sudah tidak rata, sehingga menyulitkan bulu sikat untuk mengangkat kotoran-kotoran di sela-sela gigi.

b. Pasta Gigi

      Menurut Setyaningsih, (2019), pasta gigi yang baik digunakan adalah pasta gigi yang mengandung fluoride. Flouride adalah zat yang berguna untuk menguatkan gigi, zat yang fungsinya untuk melingdungi lapisan Email didi dari asam yangn menempel di permukaan gigi.

Gigi tanpa perlingdungi Flouride menyebabkan gigi mudah berlubang, sifat asam yang berada di dalam mulut terus menerus akan menggerogoti gigi, segingga, asam akan larut dalam gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang.  

a.    Gelas Kumur

Gelas Kumur digunakan untuk tempat air bersih.

b.   Air Bersih

Menurut Setyaningsih, (2019) menyikat gigi harus menggunakan air bersih. Syarat air bersih :

(1)   Air jernih (Tidak berwarna), tidak berbau dan tidak berasa.

(2)  Air tidak mengandung zat-zat berbahaya

(3)  Air tidak mengandung kuman penyakit, seperti kuman penyakit, seperti kuman penyakit kolera, disentri dan tipes. Akan lebih baik jika menyikat gigi menggunakan air matang.

c.    Cermin

Cermin digunakan untuk melihat sudah bersih atau belum gigi kita setelah kita menyikat gigi (Setyaningsih, 2019). 


Komentar

Postingan populer dari blog ini